Cara Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan

Cara Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan

Cara Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan – Pernahkah Anda berpikir bahwa usus sebenarnya adalah penghalang yang sangat penting antara tubuh Anda dan dunia luar? Apa yang kita konsumsi setiap hari berada di luar tubuh kita, mungkin berkontraksi dengan bakteri yang tidak terlihat oleh mata telanjang kita. Usus Anda adalah pemain besar dalam sistem kekebalan tubuh.

Karena itu adalah garis pertahanan pertama antara Anda dan apa pun yang berbahaya yang Anda telan; itulah mengapa Anda tidak selalu sakit bahkan jika Anda menelan beberapa bakteri dalam makanan Anda.

Jadi, Anda bertanya-tanya, apa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya berfungsi dengan baik? Kami mencantumkan langkah menjaga kesehatan Anda dengan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan cara bekerja usus Anda.

Cara Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan

1. Kunyah makanan Anda dengan benar

Mengunyah dengan benar memungkinkan perut Anda bekerja lebih efisien dan memecah makanan Anda lebih cepat. Mengunyah juga merangsang produksi enzim dalam air liur Anda, seperti lipase bahasa untuk membantu memecah lemak. Air liur juga membantu melumasi makanan Anda sehingga lebih mudah di kerongkongan Anda.

2. Tambahkan jahe dalam diet Anda

Di Herbana, kami percaya bahwa bumbu sederhana seperti jahe sangat bermanfaat bagi tubuh. Ini mungkin paling terkenal karena efek menenangkannya pada perut, dan kemampuannya untuk meredakan gejala mual dan muntah. Jahe juga telah digunakan untuk membantu masalah pencernaan dan sembelit.

Karena jahe mengendurkan perut dan menenangkan kadar asam di dalam. Sebagai antibakteri, sangat membantu dalam mengobati beberapa jenis diare, infeksi usus dan bisul. Yang paling penting, jahe mendapat nilai tinggi sebagai bantuan pencernaan: jahe membunuh bakteri berbahaya di lambung dan usus yang dapat mengganggu keseimbangan flora bermanfaat di saluran pencernaan.

3. Konsumsi makanan yang kaya probiotik

Probiotik sebenarnya sudah diproduksi di dalam tubuh kita. Sering kali, apa yang kita makan sebenarnya membunuh produksi itu tanpa sadar. Makanan yang mengandung gula, misalnya, kemungkinan besar akan menciptakan lingkungan di dalam tubuh kita di mana probiotik tidak dapat berkembang.

Mendapatkan serat yang baik dan berkualitas tinggi dalam diet Anda sebenarnya dapat menyebabkan probiotik meningkat dalam tubuh Anda. Dan jenis serat terbaik adalah serat larut, seperti gandum, biji chia dan biji rami. Bersamaan dengan itu, buah-buahan dan sayuran organik adalah pilihan yang bagus. Diet tinggi serat yang terdiri dari makanan-makanan ini memicu produksi probiotik.

4. Konsumsi makanan fermentasi secara konstan

Studi menunjukkan bahwa makanan fermentasi dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Dalam fermentasi, apakah untuk yogurt atau bir, bakteri atau ragi memakan gula alami dalam makanan. Mikroorganisme ini menciptakan senyawa seperti asam laktat atau alkohol, yang membantu melestarikan makanan.

Makanan yang difermentasi juga berakhir dengan bakteri ramah seperti yang disebut-sebut dalam produk probiotik, serta enzim yang membantu. Bakteri predigest komponen makanan tertentu, membuatnya lebih mudah bagi usus Anda untuk menangani dan nutrisi yang akan diserap ketika Anda memakannya.

Karena usus adalah komponen terbesar dari sistem kekebalan tubuh Anda, memasukkan bakteri ramah ke dalam sistem pencernaan Anda juga dapat membantu menjauhkan penyakit. Menjaga usus tetap sehat dapat membantu menghindari peradangan, alergi, dan gangguan autoimun dalam tubuh secara keseluruhan.

5. Menambahkan kunyit ke dalam makanan Anda

Penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit menenangkan sistem pencernaan bagian atas dengan menghilangkan gas. Juga dikenal untuk membantu meningkatkan penyerapan usus dan mempromosikan bakteri healehy di usus Anda.

Kunyit juga membantu melepaskan empedu dengan merangsang kantong empedu, yang diyakini memainkan peran penting dalam pencernaan dan penyerapan lemak dan vitamin yang larut dalam lemak di usus kecil kita.

Kesehatan pencernaan juga sangat penting dijaga, terutama bila Anda sangat gembar bermain judi online di rumah. Agar saat bermain tetap tenang dan tidak mengganggu pencernaan, ada baiknya selalu ingat jam makan dan banyak minum air putih. Hal tersebut dilakukan agar kesehatan pencernaan tetap terjaga.

Close Menu