Beberapa Bukti Kebaikan Konsumsi Cengkeh

Beberapa Bukti Kebaikan Konsumsi Cengkeh

Beberapa Bukti Kebaikan Konsumsi Cengkeh

Kebaikan konsumsi cengkeh telah terbukti hasilnya selama beratus tahun lamanya. Minyak atsiri cengkeh efektif membunuh tiga jenis bakteri umum, termasuk E. coli, sejenis bakteri yang dapat menyebabkan kram, diare, kelelahan, dan bahkan.

Terlebih lagi, sifat antibakteri cengkeh bahkan dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut. Senyawa yang diekstrak dari cengkeh ditemukan untuk menghentikan pertumbuhan dua jenis bakteri yang berkontribusi terhadap penyakit gusi.

Baca Juga: Terbuat dari Apakah Obat-obatan?

Studi lain pada 40 orang menguji efek obat kumur herbal yang terdiri dari minyak pohon teh, cengkeh dan kemangi.Setelah menggunakan obat kumur herbal selama 21 hari, mereka menunjukkan peningkatan kesehatan gusi, serta jumlah plak dan bakteri di dalam mulut. Dalam kombinasi dengan menyikat gigi secara teratur dan kebersihan mulut yang tepat, efek antibakteri yang merupakan Manfaat Cengkeh dapat menjaga kesehatan mulut Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa cengkeh dapat meningkatkan kesehatan mulut, berkat sifat antimikroba mereka, yang dapat membantu membunuh bakteri berbahaya. Studi menunjukkan bahwa senyawa bermanfaat dalam cengkeh dapat membantu meningkatkan kesehatan hati. Senyawa eugenol mungkin sangat bermanfaat bagi hati. Penyakit hati berlemak yang mengandung minyak cengkeh atau eugenol.

Kedua campuran meningkatkan fungsi hati, mengurangi peradangan dan mengurangi stres oksidatif. Studi lain menunjukkan bahwa eugenol yang ditemukan dalam cengkih membantu membalikkan tanda-tanda sirosis hati, atau jaringan parut pada. Sayangnya, penelitian tentang efek perlindungan cengkeh dan eugenol pada manusia terbatas.  Dimana suatu enzim yang terlibat dalam detoksifikasi yang sering menjadi penanda penyakit hati.

Baca Juga: Keunggulan dan Kelemahan Daun Sirih

Cengkeh juga tinggi antioksidan, yang dapat membantu mencegah penyakit hati karena kemampuannya untuk membantu mengurangi stres oksidatif. Namun demikian, perlu diingat bahwa eugenol beracun dalam jumlah tinggi. Seorang anak laki-laki berusia 2 tahun menunjukkan bahwa 5 hingga 10 ml minyak cengkeh menyebabkan kerusakan hati yang serius.

Apakah bukti kebaikan cengkeh bagi kesehatan?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cengkeh dan senyawa yang dikandungnya dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan melindungi hati. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam cengkeh dapat membantu menjaga gula darah tetap terkendali.

Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa ekstrak cengkeh membantu meningkatkan gula darah pada tikus diabetes. Efek dari ekstrak cengkeh dan nigericin, senyawa yang ditemukan pada cengkeh, baik pada sel otot manusia dan tikus diabetes.

Cengkeh dan nigericin ditemukan meningkatkan penyerapan gula dari darah ke dalam sel, meningkatkan sekresi insulin dan meningkatkan fungsi sel yang menghasilkan insulin. Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengangkut gula dari darah Anda ke sel-sel Anda. Fungsi insulin yang tepat sangat penting untuk menjaga kadar gula darah stabil. Dalam kombinasi dengan diet seimbang.

Cengkeh dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap terjaga. Penelitian tabung dan hewan menunjukkan bahwa senyawa dalam cengkeh dapat membantu meningkatkan produksi insulin dan menurunkan gula darah. Massa tulang rendah adalah suatu kondisi yang mempengaruhi sekitar 43 juta orang dewasa yang lebih tua di AS saja. Ini dapat menyebabkan perkembangan osteoporosis, yang dapat meningkatkan risiko patah tulang dan patah tulang.

Beberapa senyawa dalam cengkeh telah terbukti membantu menjaga massa tulang dalam penelitian pada hewan. Sebagai contoh, sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa ekstrak cengkeh eugenol yang tinggi meningkatkan beberapa tanda osteoporosis dan meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Mengonsumsi suplemen mangan selama 12 minggu meningkatkan kepadatan mineral tulang dan pertumbuhan ekonomi.

Efek cengkeh pada massa tulang sebagian besar terbatas pada penelitian pada hewan dan tabung percobaan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi pembentukan tulang pada manusia.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak cengkeh dan mangan dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi efek ini. Demikian beberapa bukti kebaikan konsumsi cengkeh semoga bermanfaat.

Itulah beberapa bukti kebaikan konsumsi cengkeh yang perlu Anda ketahui. Nah, selanjutnya Anda dapat mengisi waktu luang dengan bermain slot online dengan mudah.

Close Menu